Wednesday, August 24, 2011

SEPULUH MUHARRAM (‘ASYU RAA)



HIKMAH DI BALIK 10 (SEPULUH) MUHARRAM 
Tanggal 10 Muharram atau biasa disebut “Asyuraa" (hari yang kesepuluh) merupakan bagian dari hari-hari besar Islam secara umum. Mempeningatinnya sama halnya dengan memperingati hari besar lainnya. 10 Muharram bukanlah semata menjadi hari besar Islam milik kaum Syi’ah, dalam rangka memperingati wafatnya Sayyidina Husain daIam tragedi Karbala. Sebaliknya, jauh sebelum peristiwa itu umat Islam telah memperingati 10 Muharram sebagai hari besar Islam.
Dalam hadits Bukhani-MusIim dijelaskan bahwa ketika Nabi Muhammad telah berhijrah ke kota Madinah dan menetap di sana, beliau mendapati orang-orang Yahudi berpuasa di han Asyuraa.
Rasulullah pun bertanya kepada mereka dan merekapun menjawab; “pada hari ini Allah SWT menenggelamkan Fir’aun dan menyelamatkan Nabi Musa as, karena itu kami berpuasa pada hari ini sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT. Rasulullah SAW kemudian bersabda; Kami bersama Musa lebih mulai dari pada kalian. Maka sejak tahun itu Rasulullah menganjurkan umatnya untuk ikut berpuasa pada 10 Muharram. Dan untuk membedakan dengan puasa orang yahudi, Rasulullah juga menganjurkan puasa pada tanggal 9 Muharram


Pada dasarnya 10 Muharram diperingati umat Islam karena banyak terjadi penistiwa penting di hari itu. Di antaranya ialah:

1.      Pertaubatan Nabi Adam as. karena kelalaiannya memakan buah khuldi dan taubatnya diterima oleh Allah SWT, sehingga beliau bersih dan dosa dan kesalahan, adalah terjadi pada 10 Muharram.
2.        Untuk pertamakalinya setelah Nabi Adam diturunkan dan surga, Allah SWT melalui malaikatnya menaikkan makhluk seorang manusia, bernama Nabi Idris as, ke tempat yang tinggi yaitu surga (QS. Maryam: 56-57). Peristiwa itu terjadi pada 10 Muharram.
3.     Allah SWT nyelamatkah Nabi Nuh as bersama dengan pengikut setianya dan makhluk hidup lainnya dari bencana banjir yang menggelamkan seluruh isi bumi. Hal inii terjadi pada 10 Muharram.

4.     Nabi Ibrahim diselamatkan Allah SWT dalam kondisi sehat bugar tanpa luka sekecil pun setelah dibakar hidup-hidup oleh Raja Namrud juga terjadi pada 10 Muharram.

5.        Pada 10 Muharram Allah SWT menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as.
6.        Nabi Yusuf as dibebaskan dan penjara diselamatkan dari dakwaan tanpa bukti akibati fitnah Siti Zulaikha adalah terjadi pada 10 Muharram.
7.     Pandangan mata Nabi Ya’qub yang kabur semenjak ditinggalkan Nabi Yusuf bisa kembai pulih setelah diusap dengan sorban yang dititipkan Nabi Yusuf  kepada saudara-saudaranya adalah teriadi pada 10 Muharram.
8.     Nabi Ayub disembuhkan Allah dari penyakit kusta yang dideritanya selama bertahun-tahun juga teriadi pada 10 Muharram.
9.       Nabi Yunus selamat bisa keluar dan dalam perut ikan paus besar, setelah berada di dalamnya selama 40  hari 40 malam adalah terjadi pada 10 Muharram.
10.   Nabi Musa bisa selamat menyeberangi laut merah dari kejaran Raja Fir’aun setelah berhasil membelah dasar laut menjadi dua, dan raja yang lalim itupun tenggelam mati bersama pasukannya, adalah terjadi pada 10 Muharram.
11.  Kesalahan Nabi Daud diampuni Allah SWT karena sebelumnya beliau yang sudah beristri 99 wanita masih ingin menikah lagi dengan seorang wanita mantan istri panglimanya (QS. Shad: 21-25). Hal ini terjadi pada 10 Muharram.
12.  Nabi Sulaiman dikaruniai kerajaan yang besar, hasil pemindahan kerajaan Ratu Bilqis oleh pasukan jinnya. Hal ini juga terjadi pada 10 Muharram.
13.    Hari pertama Allah menciptakan alam bertepatan dengan 10 Muharram.
14.    Hari pertama Allah menurunkan rahmat bertepatan dengan 10 Muharram.
15.    Hari pertama Allah menurunkan hujan dan langit juga terjadi pada 10 Muharram.
16.    Nabi Isa diangkat ke langit terjadi pada 10 Muharram.
17.  Dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More